PENELITIAN TINDAKAN KELAS “PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TKJA SMK NEGERI 1 GANTIWARNO PADA POKOK BAHASAN MATERI DAN PERUBAHANNYA” OLEH DEWI SRI HARTATIK, S.Pd.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok bahasan materi dan perubahnnya dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X TKJA SMK Negeri 1 Gantiwarno Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJA SMK Negeri 1 Gantiwarno yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok kimia unsur dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hasil yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes dokumentasi dan wawancara, dijadikan acuan dalam menulis laporan penelitian Tindakan Kelas ini. Adapun hasil Penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil belajar Kimia siklus I adalah 77,63 dan 2) hasil belajar Kimia siklus II adalah 79,6. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kimia bagi siswa kelas X TKJA SMK Negeri 1 Gantiwarno Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan baik.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Materi dan Perubahannya, hasil belajar Kimia