Teknik Komputer dan Jaringan

Gambar Kelas

Assalamu’alaikum wr.wb

Ini adalah postingan pertama saya , perkenalkan nama saya Cahya Revanto saya alumni TKJ tahun 2017 hmm.. kalau tidak salah, ok. karena ini postingan pertama saya mau bahas yang ringan” dulu hihi.

 

Klai ini saya ingin membahas Pegertian TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan, untuk kalian yang sedang bingung mencari jurusan yang keren ini adalah salah satunya.

 

TKJ
( Teknik Komputer Dan Jaringan )

Merupakan salah satu jurusan atau program keahlian di SMK N 1 Gantiwarno yang tentunya membahas tentang seputar informasi dan teknologi. Jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang diminati banyak siswa, baik laki – laki maupun perempuan.

Dalam satu kelas, biasanya lebih banyak siswa perempuan seriusan dah… oke lanjut

Kenapa Memilih TKJ?

Kalau saya pribadi, memilih jurusan ini tuh karena saya dari kecil sudah mengenal komputer. Setiap hari minggu aku main di warnet, main game onlaine ya bukan yang lain, pada saat itu saya main game yang lagi ngetren Point Blank namanya. Lama – kelaman saya bosan bermain game dan saya mulai penasaran dengan cara kerja komputer, bagai mana cara merakit komputer, bagai mana komputer saling berkomunikasi. Nah, dari situlah saya memutuskan untuk memilih jurusan TKJ setelah tamat dari MTs.

Tapi, ada tapinya nih saat pertama kali daftar di SMK N 1 Gantiwarno, jurusan yang saya pilih bukanlah TKJ, melainkan TKR. saya memilih TKR karena keinginan ibuda saya. tapi entah penuh atau kenapa saya malah diterima/dimasukan ke kelas TKJ, emang sudah nasip kalai ya hihi. oke lanjut..

kali ini saya akan tuliskan apa saja yang di pelajari di program keahlian ini.

Mengenal Apa itu Sistem Operasi

Sistem Operasi yang pertama kalai saya ketahui adalah Windows, lebih tepatnya Windows Xp. Dulu waktu saya main di warnet kebanyakan komputer menggunakan Windows Xp sebagai sistem operasinya. waktu itu sih windows xp sangat Top untuk menjalankan aplikasi dan game.

Nah di TKJ, kita akan mengenal lebih jauh tentang sistem operasi mulai dari pengertian, macam – macam, setra kelebihan dan kekurangan masing – masing sistem operasi. Bukan hanya itu, tenang saja kita juga akan diajari bagai mana cara menginstall sistem operasi itu mulai dari windows, linuk bahkan sistem khusus untuk Server. lanjut yang kedua nih.

Mengetahui Software dan Hardware Komputer

Nah, sejak saya kenal komputer di warnet, saya jadi penasaran dengan komponen komputer. Sebelumnya, saya belum tahu banyak tentang apa itu sofware dan hardware. yang aku tahu ya cuma komputer, modem, printer, dan untuk software yaa cuma mozzila, Point Blank, Ms Office.

Di jurusan TKJ ini, kita akan dibimbing untuk mengetahui macam – macam software dan hardware komputer lebih lengkap lagi, tidak hanya itu kita juga akan dijelaskan fungsi dan cara kerja dari setiap komponen tersebut. okee lanjut yang ketiga.

Memahami Jaringan Komputer

Saat bermain di warnet, saya belum tahu mengenai jaringan komputer, karena memang waktu itu komputer bisa buat game onlain dan browsing dengan lancar aja sudah seneng.

Nah, Di TKJ materi jaringan internet juga akan dibahas tak hanya teori namun juga praktikum. seingat saya teori pertama kalinya dulu itu tentang LAN, WAN, MAN dan PAN. Dan untuk Praktikumnya, kita di ajari dan disuruh untuk membuat kabel straight dan crossover dan berlanjut sampai menghubungkan dua komputer atau lebih menggunakan Mikrotik dll. oke kali ini saya akan tuliskan kelebihan dari jurusan TKJ.

Kelebihan Jurusan TKJ

Setiap jurusan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, termasuk jurusan TKJ. nah Dibawah ini saya akan tuliskan sedikit Opini saya mengenai kelebihan TKJ yang saya rasakan selama duduk di bangku SMK dulu. oke pertama.

Materi Mantap

Sebenarnya, materi di jurusan SMK mantap semua. Untuk TKJ sendiri, kita akan memulai pembelajaran dengan mengenal sistem operasi. Semua itu di jelaskan secra urut dan detail.

Materi yang diajarkan di jurusan TKJ juga bermacam – macam. seperi Teknik Komputer dan Jaringan maka pembahasannya seputer komputer dan jaringan. oke yang kedua.

       Praktikum

Yup, di SMK N 1 Gantiwarno salah satunya, lebih cenderung banyak praktiknya dibanding dengan teori. Nah, setelah adanya pembahasan, pasti akan dilanjutkan dengan praktikum. misalnya kita baru membahas cara instalasi sistem operasi Ubuntu, maka akan dilanjutkan dengan praktikum instalasi Ubuntu.

Sebagai siswa TKJ saya lebih suka praktik dibandingkan dengan teori. namun, jangan sampai menyalahgunakan waktu praktik untuk bermain game atau browsing sosial media, karena kalau tidak bisa akan rugi sendiri. oke lanjut yang ke tiga.

       Melek Teknologi

Dengan Masuk ke jurusan TKJ, kita akan melek teknologi kata kerennya “The Word In Your Hand” keren gak tuh oh ya artinya dunia di tangan anda kok bisa gitu, yaa dengan teknologi dan jaringan komputer kita jadi tahu wawasan dan informasi dari seluruh dunia.

Tenang setelah lulus dari jurusan TKJ kalian bisa bekerja di bidang

a. Penyedia Jasa Layanan Internet

b. Admin Server

c. Admin Jaringan

d. Admin Web, dst.

yup semuanya tergantung dari dirisendiri kata ibuk ku “Langkah mu yang Menentukan Masa Depanmu”.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang TKJ yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan gambaran kepada pembaca terkait jurusan TKJ.

Dan saya ucapkan terimakasih pada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua dan saya ucapkan terimakasih kepada Bpk. Wawan Triyanto, S.Kom yang telah memberikan kesempatan untuk saya berbagi informasi dan pengetahun seputar Teknik komputer dan jaringan. dan semoga pandemi Covid 19 ini segera berlalu agar kita dapat bertemu dan saling melepas rindu eaaa..

okeh sekian dari saya mohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan artikel ini, saya Cahya Revanto saya ucapkan Terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb     

User Avatar
About the author

Alumni TKJ 2015/2016

Related Posts

6 Responses

Leave a Reply