Modul Ajar – Energi dan Perubahanya
Berikut Modul Ajar – Energi dan Perubahanya yang di susun Oleh Ibu Linda Pamungkas Dwi Artanti, S.Pd
A. INFORMASI UMUM
1. Identitas Modul Ajar
1. Nama Mapel : IPAS
2. Tema/Materi Pembelajaran : Energi dan Perubahanya
3. Sekolah : SMK N 1 Girimulyo
4. Tahun disusun : 2022
5. Jenjang Sekolah : SMK
6. Kelas : X (Sepuluh)
7. Fase : E
8. Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 45 Menit)
2. Kompetensi Awal
Memahami sains (Peserta didik mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisik yang
mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya untuk memahami hubungan konsep
usaha dan energi), ketrampilan proses (peserta didik mampu mangamati, mempertanyakan,
melakukan penyelidikan serta mengkomunikasikan hasil)
3. Profil Pelajar Pancasila
Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan adalah Beriman, Bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia, Berpikir kritis, Kreatif, Mandiri, Bergotong
royong.
4. Sarana dan Prasaran
a. Sarana
1) Hp/ Smartphone
2) Jaringan internet
b. Prasarana
1) Ruang Laboratorium komputer
2) Aplikasi Phet Simulation
5. Target Peserta Didik
a. Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar di Kelas X (Sepuluh) Program
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
b. Peserta didik yang menjadi target adalah peserta didik regular/ tipikal (umum, tidak ada
kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar)
c. Peserta didik dengan kesulitan belajar
6. Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) berbasis Phet
Simulation
B. KOMPONEN INTI
1. Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase E:
a. Peserta didik diharapkan dapat memahami pengetahuan ilmiah dan menerapkannya; atau
membuat prediksi sederhana disertai dengan pembuktiannya.
b. Peserta didik menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya
dilihat dari berbagai aspek seperti makhluk hidup dan lingkungannya; zat dan
perubahannya; energi dan perubahannya; bumi dan antariksa; keruangan dan
konektivitas ruang dan waktu; interaksi komunikasi, sosialisasi, institusi sosial dan
dinamika sosial; serta perilaku ekonomi dan kesejahteraan. Peserta didik juga
mengaitkan fenomena-fenomena tersebut dengan keterampilan teknis pada bidang
keahliannya
c. Peserta didik dapat menentukan dan mengikuti prosedur yang tepat untuk melakukan
penyelidikan ilmiah, menjelaskan cara penyelidikan yang tepat bagi suatu pertanyaan
ilmiah, serta diharapkan dapat mengidentifikasi kekurangan atau kesalahan pada desain
percobaan ilmiah
2. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) diharapkan :
a. peserta didik mampu menganalisis energi potensial dan kinetik yang dimiliki benda
dengan menerapkan konsep Hukum Kekekalan Energi Mekanik dengan benar
b. peserta didik mampu melakukan percobaan Hukum Kekekalan Energi Mekanik dan
menghitung energi mekanik dengan benar
c. peserta didik mampu mengintepretasikan data hasil percobaan ke dalam tabel dengan
benar
d. peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil percobaan yang telah dilakukan dengan
berani
3. Pernyataan/ Pemahaman Bermakna
a. Energy merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha
b. Energi kinetic adalah energy yang dimiliki suatu benda karena geraknya
c. Energi potensial adalah energy yang dimiliki benda karena kedudukannya
d. Energy mekanik merupakan penjumlahan energy kinetic dan potensial. Energy mekanik
bersifat kekal
e. Usaha merupakan perubahan energy kinetic dan perubahan energy potensial
4. Pertanyaan Pemantik
a. Bagaimana keadaan awal ketika pemain skateboard berada di puncak
lintasan?bagaimana gerakan setelah meluncur lintasan?
b. Energy apa yang terlibat pada keadaan tersebut?
File modul ajar bisa di akses pada link dibawah ini :
https://drive.google.com/file/d/10dsK21IL-x8VrMuK9a-rWaRezkeqd4Zf/view?usp=sharing