Kreativitas dan Kewirausahaan Siswa SMK N 1 Gantiwarno Bersinar dalam Gelar Karya Seni Ketropak dan Bazar

Pada hari Rabu, tanggal 19 Juni 2024, di pagi yang cerah dan penuh semangat, SMK N 1 Gantiwarno menyelenggarakan sebuah acara besar yang dinantikan oleh seluruh warga sekolah, yakni kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Gelar Karya Seni Ketoprak. Acara ini diikuti oleh seluruh jurusan dari kelas X yang menampilkan berbagai karya seni Ketoprak, hasil dari latihan dan persiapan yang penuh dedikasi. Pertunjukan ini tidak hanya dihadiri oleh siswa-siswi SMK N 1 Gantiwarno dan para guru, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum sehingga suasana menjadi semakin meriah.

Gelar Karya Seni Ketoprak ini secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak M. Woro Nugroho, S.Pd., M.Eng., yang dalam pidato pembukaannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh siswa, guru, dan panitia yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini. Beliau menekankan pentingnya kegiatan seperti ini dalam mengembangkan bakat seni siswa dan melestarikan kebudayaan lokal, serta berharap agar semangat kreativitas dan kebersamaan ini terus berlanjut di masa yang akan datang.

Di samping Gelar Karya Seni Ketoprak, hari ini juga dimeriahkan dengan kegiatan bazar yang diorganisir oleh siswa kelas XI. Bazar ini menyajikan berbagai macam jajanan yang lezat dan menggugah selera, mulai dari hidangan tradisional hingga makanan modern yang kreatif. Para pengunjung bazar, baik dari kalangan siswa, guru, maupun masyarakat umum, terlihat sangat antusias mencicipi setiap makanan yang dijajakan. Kegiatan bazar ini tidak hanya menambah kemeriahan acara, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar berwirausaha, mengasah keterampilan dalam mengelola usaha kecil, serta berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Dengan diselenggarakannya dua kegiatan besar ini, SMK N 1 Gantiwarno berhasil menciptakan sebuah momen yang tidak hanya edukatif dan menghibur, tetapi juga mempererat hubungan antara sekolah dan masyarakat. Semangat kerjasama, kreativitas, dan kecintaan terhadap budaya lokal yang ditunjukkan oleh para siswa diharapkan dapat menjadi teladan dan motivasi bagi generasi berikutnya. Semua ini adalah bagian dari upaya sekolah dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang mandiri, kreatif, dan berkarakter kuat, yang siap menghadapi tantangan di masa depan.

 

Kreativitas adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang penuh peluang. Melestarikan budaya lokal adalah wujud cinta kita terhadap warisan leluhur, sementara semangat gotong-royong menciptakan kekuatan yang tak tergoyahkan dalam kebersamaan. Kewirausahaan muda merupakan langkah awal menuju kemandirian dan kesuksesan. Dengan bekerja keras dan berdedikasi, setiap impian dapat diwujudkan.

 

SMK

BISA

SMK

HEBAT

SMK

BISA HEBAT

SMKNESAGA

PINTER, KOMPETEN, INOVATIF, BERKARAKTER

 

by Nadiya Nur Laela dari DOC.

Related Posts

Leave a Reply