MODUL AJAR – PENGUKURAN FASE E/KELAS X

Berikut Modul Ajar materi ” PENGUKURAN”

MODUL AJAR PENGUKURAN

A. INFORMASI UMUM 1. Identitas Modul Ajar

Nama Mata Pelajaran : IPAS Tema/Materi Pembelajaran : Besaran dan Pengukuran
Sekolah : SMK Negeri 1 Girimulyo Tahun Pelajaran : 2023/2024 Jenjang Sekolah : SMK
Kelas : X Alokasi waktu : 3 JP (3 x 45 Menit) Pertemuan : 1-2

2. Kompetensi Awal Memahami dasar-dasar pengukuran

3. Capaian Pembelajaran Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui.

4. Profil Pelajar Pancasila Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Gotong royong, Bernalar, Berpikir kritis, Mandiri.

5. MODEL PEMBELAJARAN Model pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan Strategi Problem Based Learning dengan berbantuan media HP

B. KOMPONEN INTI

1. Tujuan Pembelajaran

a. Peseta didik dapat menerapkan konsep dasar pengukuran dan beberapa alat ukur dengan tepat

b. Peseta didik dapat menerapkan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari

c. Peserta didik dapat mengukur dengan alat ukur dengan teliti dan benar

d. Peserta didik dapat termotivasi untuk menyelesaikan permasalahan pengukuran dalam kehidupan dengan menggunakan Alat ukur secara benar

2. Persiapan Pembelajaran

a. Mempersiapkan absen

b. Mempersiapkan Materi, Power point, Video

c. Mempersiapkan LKPD untuk peserta didik

d. Mempersipkan lembar penilaian dan rubrik

e. Mempersiapkan Stopwatch, Jangka sorong, Mikrometer Skrub, Gelas Ukur

3. Pertanyaan Pemantik

1. Anak-anak Pernahkah kalian mengukur?

. apa yang kalian ukur?

3. Berpakah tinggi badan kalian?

4. Pernahkah kalian mengukur volume batu?

4. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1 (3 x 45 menit)

Materi : Macam-Macam Alat Ukur, Besaran dan Satuan

Aktivitas Guru

Aktivitas Peserta Didik

Alokasi Waktu
PEMBUKAAN

1. Guru menyapa sambil memeriksa kehadiran peserta didik

2. Guru memberikan Apresiasi mengenai pentingya pembelajaran pengukuran

3. Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai

4. Guru menyampaikan kegitan pembelajaran hari ini dan tujuan pembeljaran

5. Guru memberikan ice Braking untuk menambah anak semangat belajar

6. Guru membagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok berdasarkan hasil pengamatan evalusai sebelumnya (Berpikir Kritis)

1. Peserta didik berdoa sebelum pembelajaran dimulai

2. Peserta didik bersiap untuk menerima pembeljaran dengan menyiapkan alat tulis
10 menit
PENDAHULUAN TENTANG PENGUKURAN

File Modul Ajar bisa Di download pada link dibawah ini :

https://drive.google.com/file/d/1ZO2XUXHB8_KSvKhsHQ8m_kkw_VXJu-a1/view?usp=sharing

About the author

I'm a Teacher

Related Posts

Leave a Reply