WEBINAR  BEDAH AKM di NESAGA

Oleh: Sri Lestari, S.Pd.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) akhir-akhir ini ramai dibicarakan, terutama di dunia pendidikan. AKM merupakan salah satu instrumen Asesmen Nasional terhadap peserta didik yang fokus pada dua kemampuan dasar, yaitu literasi membaca dan numerasi. Literasi membaca menguji kemampuan menemukan informasi (Acces and Retrieve), memahami (Interpret and Intergrate ) dan mengevaluasi (Evaluate and Reflect) teks. Numerasi menguji kemampuan mengembangkan proses berpikir /proses kognitif yang meliputi Knowing ( Pemahaman), Applying ( Penerapan) dan Reasoning (Penalaran). Kedua kemampuan ini, merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik agar kelak dapat berperan secara positif dan konstruktif di tengah  masyarakat.

Peserta AKM itu sendiri bukan hanya peserta didik tetapi pendidik dan Kepala Sekolah juga. Maka dari itu untuk lebih meningkatkan kompetensi pendidik dan bisa berperan aktif dalam program Kemdikbud No.1 tahun 2020 tentang Program Merdeka Belajar, Ibu Dwi Titik Irdiyanti,S.Si., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gantiwarno berinisiatif mengadakan Webinar bedah AKM pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021. Webinar ini bekerjasama dengan penerbit Erlangga dengan menghadirkan nara sumber yang tidak asing lagi di kalangan pendidikan yaitu Bapak Arief Ediyanto,M.Pd dan Ibu Pipit Dwi Komariyah,S.S.,M.Pd. Kegiatan webinar bedah AKM diikuti oleh semua guru SMK Negeri 1 Gantiwarno secara online ( Zoom Meeting).

Semoga dengan kegiatan Webinar Bedah AKM ini, kita memahami AKM, bagaimana cara mengembangkannya sehingga peserta didik dan pendidik dapat terus meningkatkan kompetensi mereka dalam menghadapi perkembangan teknologi, khususnya di dunia pendidikan.

 

#WEBINAR AKM NESAGA

#SMK BISA, SMK HEBAT

#Mari Membaca

 

User Avatar
About the author

Bu guru cantik dan sholihah di SMK Negeri 1 Gantiwarno

Related Posts

Leave a Reply